call us

+62 812 1010 1131

call us

+62 812 1010 1131

6 Kriteria Rumah Ideal yang Nyaman untuk Keluarga Kecil

6 Kriteria Rumah Ideal yang Nyaman untuk Keluarga Kecil

Rumah sudah seharusnya menjadi tempat yang aman dan nyaman. Selain sebagai tempat istirahat, rumah juga menjadi tempat kumpul keluarga hingga tempat bagi tumbuh kembang anak.
Jadi penting untuk menciptakan suasana rumah yang ideal, termasuk untuk keluarga kecil.

Ideal sendiri merupakan sebuah kata yang memang cukup luas. Namun jika kita meninjau lebih jauh, kata “ideal” sesungguhnya bermakna sesuatu yang sesuai dengan kehendak atau angan kita.

Dalam hunian, kata ideal bisa diterapkan untuk memenuhi spesifikasi dasar yang digabungkan dengan angan dan kriteria tertentu sesuai keinginan si pemilik. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan demi mewujudkan rumah ideal.

Penasaran? Simak uraiannya di bawah ini.

1. Ukuran Hunian yang Sesuai

Rumah ideal jelas berkaitan erat dengan ukuran yang sesuai, khususnya dengan jumlah penghuni rumah.

Seperti diketahui, sebuah bangunan rumah terdiri dari beberapa ruangan, mulai dari kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tengah dan lainnya. Untuk itu, sudah seharusnya Anda mempertimbangkan jumlah penghuni rumah serta kebutuhan ruangan di rumah.

Jangan sampai rumah terlalu sempit dengan daya tampung yang tidak sesuai, karena hal ini tentunya tidak akan membuat Anda dan keluarga merasa nyaman. Bila Anda memiliki keluarga kecil dan ingin mencari hunian yang sesuai, rumah tipe 45 bisa jadi pilihan yang cocok.

2. Struktur Bangunan yang Kokoh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain kenyamanan, rumah ideal juga tentu haruslah aman untuk ditinggali. Maka itu, kekokohan struktur bangunan juga harus dipertimbangkan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pastikan memilih material bangunan rumah yang berkualitas, begitu juga dengan pengerjaannya. Jadi penting juga untuk Anda mengecek dan memastikan apa saja bahan bangunan rumah yang digunakan. Atau jika Anda membeli rumah yang sudah dibangun, pastikan juga kondisi rumah layak huni atau tidak.

3. Kondisi Rumah yang Bersih

Rumah ideal juga berarti bersih, sehingga mampu menunjang gaya hidup penghuni yang lebih sehat.

Pastikan rumah Anda memiliki sistem sanitasi yang baik, serta terbebas dari gangguan hewan seperti tikus dan kecoa. Hunian pun sebaiknya jauh dari tempat pembuangan sampah, sehingga mengurangi risiko terjangkit penyakit akibat lingkungan yang kotor.

4. Sirkulasi Udara dan Pencahayaan yang Baik

Hunian dengan pencahayaan optimal dan sirkulasi udara yang baik, tentu saja termasuk dalam kategori rumah ideal dan sehat.

Ini dikarenakan kondisi rumah jauh dari kesan lembap, pengap dan aman dari risiko tumbuhnya bakteri.

5. Lokasi yang Strategis

Salah satu hal krusial dalam memilih hunian adalah lokasi.

Berubahnya gaya hidup yang kian dinamis dan menuntut setiap orang untuk sering beraktivitas di luar rumah, membuat lokasi jadi pertimbangan utama. Rumah di lokasi strategis dengan akses mudah seperti ke stasiun, tol, dan berbagai fasilitas publik tentu akan jadi hunian ideal.

6. Hunian Sesuai Selera Penghuni

Selera atau kecenderungan pemilik hunian juga bisa masuk dalam kriteria sebuah hunian ideal atau tidak. Hal ini memang bukanlah yang krusial, tetapi Anda pasti memiliki gambaran tersendiri mengenai rumah yang akan ditempati.

Mungkin ada juga yang menginginkan spot tambahan, seperti kolam renang, rooftop, hingga patio di halaman belakang rumahnya.

Semua itu tentu bisa Anda wujudkan demi memiliki rumah ideal.

Semoga artikel di atas membantu Anda, ya.