call us

+62 812 1010 1131

call us

+62 812 1010 1131

5 Tips Mengecat Dinding Eksterior Rumah, Dijamin Tahan Lama

5 Tips Mengecat Dinding Eksterior Rumah, Dijamin Tahan Lama

Mengaplikasikan cat dinding luar rumah merupakan hal yang penting dilakukan untuk memberikan estetika dan nuansa rumah yang lebih menarik. Namun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam proses mengecat dinding luar rumah, mengingat cat mudah mengelupas saat terkena paparan sinar matahari dan hujan.

Tak hanya itu, cat di bagian luar juga mudah berjamur karena suhu yang lembab. Hal ini tentu membuat tampilan rumah tampak tak enak dipandang.

Maka dari itu, Anda harus menjaga warna cat tetap indah dipandang. Caranya dengan mempertimbangkan kualitas dari cat yang dibeli.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat cat rumah di bagian luar lebih tahan lama dan mempercantik tampilan rumah.
Berikut ini beberapa tips menjaga warna cat di bagian luar rumah tahan lama.

1. Periksa keretakan

Sebelum berencana mengecat rumah, periksa apakah ada kerusakan, misalnya retakan pada dinding atau tembok luar rumah.

Retakan kecil saja bisa menyebabkan air masuk ke struktur bangunan dan menyebabkan bercak lembap kehitaman.

Anda bisa menggunakan semen putih dan pasir halus untuk mengisi celah atau retakan pada tembok. Salah satu hal yang membuat cat rumah rusak ketika hujan karena dinding yang lembab, karena rembesan air.

Untuk itu periksalah dengan seksama dari mana sumber rembesan air tersebut muncul. Biasanya rembesan air bisa muncul dari talang yang konstruksinya kurang baik.

Jangan biarkan dinding Anda terlalu lama terkena rembesan air karena akan membuat bercak seperti ompol pada cat rumah, bahkan akan membuat cat mengelupas.

2. Bersihkan permukaan

Untuk memastikan pengecatan dilakukan dengan baik, Anda perlu membersihkan permukaan tembok dari lumut, jamur, hingga debu. Bersihkan dengan menggunakan sikat kawat dan larutan pemutih.

Jika dinding sebelumnya telah di cat minyak, maka Anda harus amplas terlebih dahulu untuk membersihkan pastikel lepas sehingga cat mudah meresap. Jika ada bagian yang kasar harus diratakan terlebih dahulu.

3. Pilih cat khusus

Pada dasarnya ada dua jenis cat rumah, yakni cat khusus interior dan untuk eksterior. Untuk itu sudah sebaiknya Anda memilih cat yang memang khusus untuk eksterior rumah.

Cat jenis ini memiliki daya tahan yang cukup bagus, bahkan ada beberapa produsen cat yang berani menjamin catnya tidak akan rusak dalam waktu delapan tahun.

4. Jangan mengecat saat mendung

Ketika mengecat sebaiknya jangan dilakukan saat kondisi cuaca mendung atau habis hujan, agar tidak ada air yang terperangkap di dalam tembok. Selain itu, sebelum mengecat Anda harus membersihkan segala kotoran yang menempel pada tembok, tujuannya agar cat dapat merekat dengan baik.

Jika Anda terpaksa mengecat saat hujan, maka harus Anda biarkan dahulu permukaan mengering dengan sinar matahari setidaknya dua hingga tiga hari agar permukaan benar-benar kering.

5. Gunakan teknik yang tepat

Agar mendapatkan hasil yang baik, Anda pun harus juga memperhatikan teknik pengecatan. Caranya dengan memberikan lapisan tipis pada tembok sebagai lapisan dasar, kemudian menjelang kering dilapis lagi agar hasilnya sempurna. Atau Anda bisa juga mengikuti dengan seksama segala petunjuk yang tertera pada kemasan cat.